(031) 8495399 doni.advokat@gmail.com
EnglishIndonesian

Author: Putri Ayu Trisnawati, S.H.

Salinan putusan merupakan turunan putusan yang diterbitkan oleh pengadilan. Berdasarkan ketentuan Pasal 52A ayat (2) Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum (UU Peradilan Umum), yang menyatakan bahwa Pengadilan wajib menyampaikan salinan putusan kepada para pihak dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak putusan diucapkan.

Salinan putusan pengadilan hanya diberikan pengadilan kepada para pihak yang berperkara, bagi masyarakat umum dapat memperoleh putusan pengadilan dalam bentuk fotokopi atau naskah elektronik, bukan salinan resmi hal tersebut ditegaskan dalam huruf C. 2. 1 Lampiran I Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung No 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan (SK KMA 1-144/2011). Selain itu, terdapat biaya yang dibebankan jika ingin memperoleh informasi putusan dari pengadilan.

Baca juga: Perbedaan Legalisasi, Waarmerking dan Legalisir Akta di Notaris

Dengan semakin tingginya tingkat perkara saat ini guna mendapatkan salinan putusan di Pegadilan, saat ini salah satunya yaitu Pengadilan Negeri Surabaya telah menerapkan permohonan salinan putusan secara online yang dapat di akses di website https://sites.google.com/view/persalinan/halaman-muka. Dijelaskan dalam website tersebut bahwa permohonan salinan putusan secara online merupakan portal layanan digital di masa Pandemi Covid-19. Selain untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dengan meminimalisir penumpukan pengunjung pada Pengadilan Negeri, layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi atas keluhan masyarakat dalam proses pengambilan salinan putusan.

Selain itu, disebutkan juga bahwa yang dapat diajukan permohonan salinan putusan secara online yaitu terkait Salinan Putusan Perdata Umum yaitu Gugatan, Permohonan dan Gugatan Sederhana mulai Tingkat Pertama (PN), Keberatan, Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali. Sedangkan untuk perkara pidana yang dapat diajukan terkait Salinan Putusan dan Petikan Putusan Pidana untuk perkara Pidana Biasa, Anak, dan Singkat. Terkait syarat layanan, waktu layanan, dan prosedur layanan, sebagai berikut:

A. Syarat Layanan

Pengguna layanan wajib memenuhi syarat berikut untuk dapat menerima layanan melalui sistem permohonan salinan putusan online sebagai berikut:

  1. Pemohon merupakan pihak yang berperkara atau kuasa hukum dari para pihak.
  2. Pemohon yang bukan pihak berperkara melakukan permohonan salinan putusan dengan mengirimkan surat melalui POS yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Surabaya.
  3. Pemohon yang mempunyai akun e-court dianjurkan untuk memintakan salinan putusan elektronik pada aplikasi tersebut.
  4. Permohonan Salinan Putusan dimintakan setelah perkara berkekuatan hukum tetap (BHT).
  5. Untuk pemohon para pihak melampirkan (Foto KTP dan KK) sedangkan putusan upaya hukum ditambah dengan relaas pemberitahuan.
  6. Untuk Kuasa Hukum melampirkan (Foto KTP Prinsipal/KK, KTA, dan Surat Kuasa) sedangkan putusan upaya hukum ditambah dengan relaas pemberitahuan.

B. Waktu Layanan

Penyelesaian layanan dalam kondisi yang normal yaitu 3-4 hari kerja dan untuk hal-hal khusus terkait dengan kendala teknis dan berkas perkara lama yang sudah masuk dalam kategori berkas arsip memerlukan waktu khusus dan akan diberikan notifikasi melalui alamat email dan atau nomor whatsapp pemohon.

C. Prosedur Layanan

  1. Pemohon mengakses laman web Pengadilan Negeri Surabaya.
  2. Cari menu inovasi dan cari tombol Persalinan.
  3. Setelah membuka web persalinan, tekan tombil klik disini sesuai dengan putusan yang diminta (Perdata/Pidana).
  4. Pemohon wajib mengisi dan melengkapi isi fomulir dan upload dokumen persyaratan sesuai yang tersebut diatas.(untuk alamat email wajib menggunakan Gmail (Google Mail) dan untuk permohonan perkara perdata gugatan dan permohonan diharapkan untuk memperhatikan apakah perkara tersebut telah berkekuatan hukum tetap)
  1. Setelah diisi secara lengkap dan berhasil dikirim maka pemohon akan menerima notifikasi registrasi pada email yang didaftarkan.
  2. Selanjutnya, menunggu notifikasi berikutnya pada email setelah berkas salinan putusan selesai diterbitkan.

Baca juga: Mengenal Ketentuan Judex Factie dan Judex Juris Dalam Sistem Peradilan Perpajakan Di Indonesia

Sebagai tambahan informasi bahwa salinan putusan perkara perdata yang dapat diterbitkan melalui layanan permohonan salinan putusan online adalah perkara yang dalam proses persidangan tidak menggunakan layanan e-Litigasi.

Tag: Berita , Artikel , Advokat